Ricuh UFC 229 dan Kemarahan Khabib

Seperti prediksi, si Jalang Conor McGregor akhirnya mengiba, bersimpuh, bertekuk lutut pada Khabib Nurmagomedov alias Si Elang dari Russia . Pyswar, umpatan dan kesombongan Conor telah menghantarnya ke kuncian Khabib yang sungguh mematikan.

Pertarungan di Las Vegas tersebut menjadi heboh setelah seorang pria bernama Dillon Danis disebut sebagai target kedua Khabib yang ingin dilumpuhkan padahal dia ada di luar ring.

Sesaat setelah membuat Conor minta ampun, Khabib berpaling ke bangku penonton, dia melempar pengaman gigi dan bahkan memanjat melewat pagar pembatas dan melabrak pria yang disebut pemain Ji Jitsu. Dillon adalah sekondan Conor di kamp latihan.

Entah apa penyebab atau apa yang dibilang Dillon sehingga Khabib mempertontonkan amarahnya pada pemegak sabuk hitam bimbingan Marcelo Garcia di Alliance New York Academy.  Yang tak kalah seru adalah ketika ada anggota tim Khabib yang ikut menyelinap dan menghajar Conor di dalam ring. Suasana chaos terlihat di

Sebelumnya, pada konferensi pers, Khabib menyatakan bahwa Conor telah mengaitkannya ke agama, ke negara dan mengaitkan ke ayahnya.  “Dia datang ke Brooklyn dan merusak bus kami, dia hampir membunuh beberapa orang,” kata Khabib.

“Ini olahraga yang penuh hormat, ini bukan olahraga yang bicara sampah,” katanya.

Dia melanjutkan. “Saya tahu saya akan menghajar saya manakala saya pulang, saya tahu dia akan menghajar saya,” kata Khabib terkait hujatan Conor di konferensi sebelumnya.

Yang menarik, setelah kemenangan Khabib itu, dan penyerangannya pada Dillan juga diikuti oleh serangan Zubaira Tukhugov, petarung yang juga kelahiran Russia kepada Conor McGregor.

“Saya tidak tahu saya mau bilang apa sekarang, saya hanya muak setelah kejadian ini,” kata Dana White, Presiden UFC yang menggelar seri UFC 229 tersebut dan disebut menyiapkan hadiah sekurangnya 6 juta Dollar untuk kedua petarung.

Pertarungan antara Khabib dan Conor sangat menarik ditonton, Khabib yang punya keahlian bertarung dengan kuncian sesekali dihajar pukulan telak oleh Conor meski pukulan lebih banyak didaratkan Si Elang.

Pertarungan harusnya tidak merembes ke mana-mana sebab si Conor alias si Notorius yang juga memelihara bara dalam pikiran dan tindakannya.

Setelah insiden tersebut, nasib Khabib belum jelas, apakah bisa pulang ke Dagestan Russia atau harus berhadapan dengan otoritas di Amerika Serikat. Demikian pula Zubaira dan beberapa anggota tim lainnya.

Dana White saat konferesi pers mengatakan bahwa dia sangat kecewa. “Saya orang yang telah bekerja selama 18 tahun membangun olahraga ini sampai hari ini,” katanya.

“Tapi dia (Conor) bicara tentang agama saya, tentang keluarga saya, kenapa semua orang bicara saya yang meloncati pagar?” bela Khabib.

Akan ada drama setelah pertarungan dan kericuhannya ini. Saya membayangkan betapa sibuknya petinggi Negara Paman Sam dan Russia demi membereskan sentimen dari arena ring UFC ini.

Mengaitkan ke agama dan pribadi petarung seperti yang dilakukan Conor sungguh tak tepat tetapi kita juga perlu berpikir dua kali, apakah bagus jika respon dilakukan dengan beringas seperti yang dilakukan Khabib pada Dillon. Wallahu a’lam bishawab!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.