Umpama Engkau ke Selayar

Umpama engkau ke Selayar, pulau berjuluk Tanadoang di selatan Sulawesi itu. Sila coba berpetualang ke Pantai Timur Selayar. Jika telah menghabiskan malam dan mengaso di Kota Benteng setelah perjalanan jauh, atau setelah mendarat dari penerbangan 30 menit dari Makassar ke Bandara Aruppala, segera beritahu supirmu untuk bersama menjajal Pantai Timur.

Saya merekomendasikan ini setelah mengulum dan mencerna pengalaman dan kesan darinya. Pengalaman tinggal dan bekerja di Selayar di rentang tahun 1995 hingga 2003 membuat saya yakin, Selayar adalah destinasi yang pantas menjalin ketenangan, menguak inspirasi, menatap harapan dan memuaskan hasrat tualang.

Saya termasuk percaya bahwa perjalanan jauh, berliku selalu memberikan kepuasan tersendiri. Saya tak bermaksud membumbui rasa khawatir sebab selama ini orang-orang melihat Selayar dari sisi yang berbeda, jauh, terisolasi, rentan. Tidak, Selayar, serupa dengan wilayah lain di Sulawesi Selatan. Aman, damai, menyenangkan.

Di masa saya, istilah jauh mungkin relevan sebab jalan dan transportasi tak sebagus sekarang. Dulu, untuk sampai ke Appatanah sebelum bertolak ke Taka Bonerate, kami selalu ke Appatanah mencari tumpang perahu, kadang harus menghabiskan malam di sana sebab tiada perahu. Untuk sampai ke Pantai Timur, saat ini ada banyak jalan alternatif, bisa ke Pattumbukang atau via Appatanah meski harus berganti kendaraan.

Foto-foto yang saya bagi ini adalah foto-foto tahun 2010, 7 tahun lalu. Saat ini suasananya tak jauh beda, maksud saya pesona dan tipikal alam daratan dan lautnya.

goresan

Jika berkendara dari Kota Benteng, di musim kemarau, kita bisa menyaksikan pepohon di sisi kiri-kanan jalan yang meranggas, kering, namun terlihat dramatis eksotis. Pohon kayu Jawa ini adalah contohnya.

dsc_0302

Untuk melihat pantai timur bagian utara silakan mendaki Kampung Gantarang Lalangbata dan kuaklah dedaunan di puncak untuk melihat pesona pantai timur itu.

DSC_0296.JPG

Lekuk eksotis menjamu mata kala kita menoleh ke timur. Tiada jalan dari Gantarang ke timur, hanya orang-orang tertentu yang bisa membaca arah untuk sampai ke pantai. Tapi jika tertarik, silakan buka trek baru.dsc_0128

Sesampai di ujung pulau, inilah Appatanah itu. Perahu-perahu minimalis, pantai indah, air jernih akan menjadi sajian saat sampai.

dsc_0136

Ada dermaga yang bisa dijadikan base untuk bertolak ke titik mana yang kita mau, bisa ke Taka Bonerate, bisa pula ke Jampea atau Bonerate. Tergantung jenis perahu. Untuk beberapa alasan, saya beberapa kali transit di sini saat perjalanan dari Makassar – Taka Bonerate.

dsc_0208

Inilah Pantai Timur itu. Jika sedang naik perahu, sapulah pantai dengan padangan, akan tersaji keindahan nan luar biasa. Pasir putih, pohon-pohon purba, lidah air laut yang bermain di pantai, debur dan segala yang menggairahkan ada di sana.

dsc_0227

Lihatah air laut nan jernih, pasir putih yang bersih, pepohonan yang unik. Juka daratan yang menawarkan ketenangan.

dsc_0243

Seorang Mister di salah satu resort ternama di Selayar. Milik seorang Jerman yang cinta akut Selayar, Mr. Jochen.

dsc_0114

Jika hendak kembali ke Kota Benteng, memutarlah dan mampirlah di beberapa bukit di timur, terdapat kampung dengan kombinasi vegetasi dan rumah-rumah panggung nan asri. Suasana teduh dan menyejukkan ini tidak jauh beda dengan kota dingin seperti Malino atau Toraja. Di Selayar terdapat bukit-bukit yang menawarkan suasana sejuk, suhu bisa sampai 24 derajat.

dsc_0214

Appatanah, Pantai Timur yang disebutkan di kitab-kitab, alam indah dan penuh berkah untuk diselami dan dimanfaatkan.

dsc_0118

Pohon kelapa di Selayar adalah benteng kehidupan. Segala yang ada padanya bermakna harapan. Dari akar hingga pucuk. Sebagaimana kehidupan, semua yang ada di Selayar adalah inspirasi.

dsc_0094

Kalau ini bukan pohon kelapa, orang dan pohon Jawa. Haha.

dsc_0024

Sesampai Kota Benteng, carilah becak keliling kota. Jangan lupa mampir di Warung Nasi Santan.

dsc_0006

Inilah nasi santan yang lekat dengan citra Selayar itu. Ikan bakar belanak dan nasi berselimut santan kelapa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.