Foto Haedar, Saat Sudut Kota Berbicara

Poster Haedar dan Walikota Aco (Foto: Kamaruddin Azis)

Siang terik di luar kantor DPRD Kota Makassar tak membuat Haedar Majid terlihat berkeringat atau kelelahan menyambut tetamu yang silih berganti menelisik satu persatu karya fotografinya (28 Juni 2011). Di ruang terbuka halaman kantor DPRD Makassar itu, sebanyak 42 foto hasil jepretan politisi Partai Demokrat Kota Makassar ini menyita perhatian media dan publik.

Satu hari sebelumnya, tanggal 27 Juni, Walikota Makassar Ilham Arif  Sirajuddin membuka pameran fotografi  pertama oleh anggota DPRD, di kota Makassar yang digelar dengan tema, “Menangkap Wajah Membingkai Makassar” 27-28 Juni 2011. Penggunaan halaman kantor DPRD oleh anggotanya ini terbilang di luar kelaziman. Jika biasanya pameran diselenggarakan di ruang seni atau gedung kebudayaan, maka kali ini di panggung para politisi.

“Saya mau warga Makassar dapat berkunjung ke tempat yang mestinya menjadi milik publik ini”, kjata Haidar saat saya menanyakan apa motivasi penggunaan tempat istimewa ini.

Haedar, 42 tahun, adalah wakil ketua DPRD Kota Makassar. Alumni Sospol Unhas ini kelahiran Mariso, Makassar. Saat pameran, sengaja memilih sebanyak 42 koleksi fotonya yang merupakan hasil kurasi empat fotografer kawakan kota Makassar. Keempatnya merupakan fotografer dengan talenta luar biasa dan mempunyai integritas mumpuni. Mereka adalah Muhary W. Nurba, Armin Hari, Thaib Chaidar dan Junaidi Sudirman. Mereka juga tulang punggung perkumpulan fotografer Makassar atau PERFORMA.

“Ada seribuan foto yang saya setor dan hanya 42 ini yang layak dipamerkan” Kata Haedar nyengir. Dia dengan sigap menemani saya saat menelisik satu persatu fotonya. Foto yang kuat dari sisi “human interest”.  Foto yang sangat luar biasa untuk seorang Haedar yang baru enam bulan menggeluti dunia fotografi.

“Adalah Alem F. Sonni, dosen Unhas sekaligus pengurus Performa yang menantang saya untuk memamerkan foto ini” Katanya.

“Itu tiga bulan lalu. Saat ini hanya ada empat saya yang layak menurut Sonni, tetapi kemudian saya bergabung dengan Performa dan mendapat input dari teman-teman di situ. Saya juga ikut photo hunting” Lanjutnya.

Dari 42 foto yang ditampilkan, saya menemukan impresi yang kuat dari wajah, ekspresi, momen dan  potret wajah warga kota yang saat emosi. Yang bahagia, bekerja keras, bersemangat, damai dan apa adanya. Ada satu potret wajah yang oleh Haedar disebutkan diperoleh di Pasar Terong. Juga, potret wanita yang mempunyai ekspresi wajah yang kuat, dengan kain di kepala. Foto yang ditawarkan Haedar lebih menyorot ekspresi warga kota dengan latar profesi dan sudut kota yang fasih berbicara.

Dari sisi konsep saya sangat mengapresiasi gagasan mementaskan karya fotografi di gedung DPRD ini. Pun, keterlibatan beberapa fotografer profesional di ajang ini menjadi bukti bahwa karya yang dipamerkan sangat memenuhi dimensi keabsahan kreasi layaknya fotografer dengan nalar serta daya tangkap wajah sosial.

Koleksi foto yang luar biasa untuk seorang pemula sekaligus anggota legislatif yang pastinya sangat sibuk dengan urusan DPRD kota.

“Ini bapak saya” katanya saat menunjukkan satu foto lelaki tua yang mengangkat seekor ikan merah besar. Foto inilah yang menyambut kita saat mulai naik ke lantai dua kantor DPRD sebagai ruang pameran.

“Ayah saya seorang nelayan” Katanya bangga.

Sepertinya dibutuhkan lebih banyak Haedar lain yang dapat mengangkat tema sosial kota ke ruang pamer institusi pemerintah maupun non-pemerintah. Issu pesisir dan laut, misalnya?

One thought on “Foto Haedar, Saat Sudut Kota Berbicara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: