Reuni COREMAP di Bidakara

Nilanto Perbowo, Zulficar Mochtar, Bahar Nur, H. Tan Malaka Guntur

Sore tanggal 27 April 2011 di Hotel Bidakara, Jakarta para peserta praMusrenbangnas sedang istirahat. Di lokasi pameran booth 6, saya minta izin untuk gantian berjaga. Bersama M. Zulficar Mochtar, alumni Kla-90 yang datang berkunjung siang itu kami ke luar arena. Kami menunggu Bahar Nur alias Bang Ben yang kini kerja dan tinggal di Jakarta. Dia dalam perjalanan menuju Bidakara.

Dalam beberapa menit beliau hadir dengan batik warna hijau terang. Bang Ben terlihat segar sore itu. Sosok yang kini banyak melatih karyawan maupun top manajer BUMN ini melepas senyum saat melihat kami.

Antara tahun 1997-2003, Bahar Nur, mantan wartawan Pedoman Rakyat ini adalah pamong alumni Perikanan Unhas yang banyak membantu para alumni Kelautan untuk berkecimpung di proyek prestisius COREMAP fase I.  JIka saya bekerja sebagai fasillitator CBM di Desa Rajuni Kecil, Taka Bonerate, maka M.Zulficar Mochtar adalah konsultan “Meshing Exercise” untuk zonasi Taman Nasional Taka Bonerate.

Belum lama bertukar sapa melintas Pak Nilanto Perbowo. Beliau salah satu penanggung jawab komponen Community Based Management, Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP) fase I. Kami melepas senyum.

“Wah reuni COREMAP nih” Kata Nilanto yang kini adalah salah satu sosok kunci di Kementerian Kelautan Perikanan (KKP). Kehadirannya di preMusrenbangnas ini terkait dengan jabatannya di KKP. Pak Nilanto terlihat berubah saat itu, rambut putihnya terlihat dominan namun tidak mengurangi sikap “humble”nya. Suasana menjadi sangat cair dan mengalir.

Pertemuan ini mengingatkan saya pada masa-masa pelaksanaan proyek antara tahun 1999-2003. Pak Bahar jadi simpul di Makassar, Nilanto dan Zulficar di Jakarta, saya di Selayar.  Masih di beberapa meter dari area tangga naik Bidakara, melintas pak Tan Malaka Guntur, yang kini adalah Kepala Bappeda Sulawesi Selatan. Bersama pak Nilanto, Bahar, Zulficar, kami bergegas menyapa dan menyalaminya.

Terkait COREMAP, pertemuan itu sungguh reuni COREMAP, sebab Pak Tan adalah salah satu penanggungjawab COREMAP di tingkat Task Force (Kelompok Kerja) Provinsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: