Menemani Marina Ke Munaqasyah TPA

Tanggal 14 Pebruari 2010 kemarin, saya mengantar anak kami Intan Marina ke lokasi munaqasyah TK/TPA Se-kecamatan Somba Opu, Gowa. Menurut daftar peserta yang ditulis panitia, ada 81 pesantren dan TPA Pengajian yang akan ikut acara ini di gedung SD Mangasa I.

“Ini adalah kegiatan tahunan yang difasilitasi oleh BKPRMI Gowa. Kami membawa 32 murid demi mendapatkan sertifikat lulus mengaji” Kata Awaluddin, guru mengaji dari TPA Baiturrahman, Bontokamase, Kelurahan Bonto-Bontoa.

Kegiatan ini sekaitan dengan telah ditetapkannya Perda baca Alquran bagi anak SD semasa Gowa dipimpin Syahrul Yasin Limpo pada tahun 1993 dan ditujukan bagi anak SD muslim yang akan memasuki SMP. Mereka diwajibkan mampu tulis baca Alquran.

Ketua BKPRMI atau Badan Koordinasi Pemuda dan Remaja Mesjid Indonesia, Gowa, Sunardi M. S.Pd, yang juga guru matematika pada SMP 4 Pallangga, mengatakan BKPRMI dipercaya sebagai salah satu penyelenggara ujian seperti ini bersama organisasi Wahdah Islamiah dan Yayasan An Nur. “Ujian kali diikuti seribuan santri dan diawasi oleh 30 orang panitia, dengan penguji sebanyak 46 orang yang datang dari TPA yang diseleksi dan telah melalui proses pembekalan.

“Santri ini dikenakan biaya Rp. 20ribu. Acara hari ini dimulai pukul 7.30 hingga 17.30. Mereka diuji tentang bacaan Alquran, hapalan, ujian surat pendek, baca doa, bacaan shalat dan menulis. “Niat kami demi membantu pemerintah kabupaten namun akhir-akhir ini kami mulai khawatir ternyata masih ada oknum yang memengaruhi anak-anak untuk diberi ijazah hanya dengan menghapal Al Fatihah” Kata Sunardi.

“Puncak acara hari ini, kami akan lanjutkan dengan wisuda massal, di lapangan Syech Yusuf pada bulan April. Biasanya, bupati akan hadir” Kata Sunardi menutup perbincangan kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: